Skip to main content

Search This Blog

Xhelper : Aplikasi Apa ini? Bagaimana Efeknya dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Xhelper : Aplikasi Apa ini? Bagaimana Efeknya dan Bagaimana Cara Mengatasinya Di Update Juni 2019


Aplikasi Xhelper Bagaimana Efeknya dan Bagaimana Cara Mengatasinya – Pembahasan kali ini mungkin tidak semua pengguna android mengetahuinya. Hanya beberapa orang yg sempat mengalami masalah dengan HP android, kemudian melanekan sendikit penyelidikan dan menemukan Xhelper dalam daftar aplikasinya.

Tentu saja, bagi kamu yg acuh terhadap segala gejala yg ada pada HP android kamu, tidak akan menemukan atau mengetahui atau mungkin tidak curiga dengan aplikasi xhelper ini.

Apa sih sebenarnya aplikasi xhelper ini? Kalau dijelaskan secara terminonlogi ataupun etimologi (hadeuh….. sok keren bahasanya…. hahaha) mungkin ane sendiri akan kesulitan untuk menjelaskan apa itu aplikasi xhelper. Tapi, ane akan menjelaskan berdasarkan pengalaman pribadi ane yg menbisakan masalah pada HP android dan mencurigai aplikasi xhelper sebagai tersangka utamanya.

Kejadian berawal dengan munculnya iklan pop up yg menutupi seluruh layar HP android, kadang kala iklan gambar lebih seringnya iklan video game. Saya kira, ini terjadi karena ane menginstal beberapa game pada HP android ane. Makanya seluruh game ane uninstal dari HP ane.

Apa yg terjadi setelah game ane uninstal?
Ternyata tetap saja, ketika HP terkoneksi dengan internet maka HP langsung memunculkan iklan pop up yg tidak bisa diapa-apakan. Bahkan dengan menekan tombol home pun, iklan tetap tidak bergeming. Iklan masih tetap nongkrong dan HP tidak bisa kembali ke home.

Akhirnya ane mencoba menyisir kembali daftar aplikasi yg mencurigakan, dan kecurigaan ane jatuh pada aplikasi xhelper yg menggunakan icon dengan logo android. Saya hapus atau uninstal aplikasi tersebut, selain itu ada juga daftar aplikasi lain yg ane anggap tidak wajar, diantaranya System dan LED Light. Kedua aplikasi inipun akhirnya ane hapus.

Dengan menguninstal aplikasi-aplikasi tersebut, iklan pop up ternyata tidak muncul untuk beberapa saat, tapi kemudian muncul lagi dan setelah ane cek di daftar aplikasi ternyata apliaksi xhelper, system dan LED Light juga muncul lagi.

Maka ane semakin yakin bahwa aplikasi siluman ini ialah tersangka utama dari segala keganjilan yg terjadi pada HP android ane.


KESIMPULAN : 
Aplikasi xhelper adalah aplikasi yg teridentifikasi sebagai virus/malware/spyware atau apapun itu, yg jelas aplikasi ini ialah aplikasi ilegal yg datang tidak diundang, tapi disuruh pergi tidak mau pergi.

Efek buruk aplikasi xhelper pada HP android

Yang namanya virus/malware/spyware jelas merugikan pada pemilik device yg terinfeksi. Dengan muncul iklan pop up jelas sangat menganggu kenyamanan pengguna HP android, selain itu juga menyedot banyak kuota karena sangat sering memutar iklan video dan tidak bisa ditutup secara manual. Iklan pop up akan hilang seumpama waktu yg ditentukan oleh virus sudah berakhir.

Tidak hanya itu, HP android juga akan secara otomatis mendownload beberapa aplikasi lainnya yg kesemuanya tidak dibutuhkan, tapi justru membuat HP android menjadi lebih cepat panas dan lemot. Jika terus disupayakan, malah akan muncul di layar HP androi sebuah logo menyerupai logo google, yg seumpama diklik tidak akan membawa kepada laman pencarian google, tapi masuk ke alamt situs yg sangat asing dan tidak tahu fungsinya untuk apa.

Kemungkinan Terburuk Dari Xhelper

Ada kemungkinan terburuk yg bisa saja terjadi kalau kita memsupayakan HP android kita dikuasai oleh xhelper. Yaitu, ada kemungkinan aplikasi ini melanekan perampokan terhadap data-data pribadi dan penting milik kamu. 

Mengapa mencurigai sejauh itu? Karena, HP android juga secara otomatis akan menginstal aplikasi yg sangat tidak direkomendasikan oleh plya store, adalah Mail Tracking. Aplikasi ini dicurigai akan masuk dan menjelajah email milik kita, ada kemungkinan semua informasi penting pada email tersebut akan diambil tanpa permisi.

Ada kemungkinan juga, xhelper ini akan mengambil alih email miliki kita dan menggunakannya untuk kepentingan yg tidak kita inginkan. Hmmm….. serem ya….

Cara Mengatasi Aplikasi Xhelper

Seperti yg sudah ane sebutkan di atas, bahwa kalau diuninstal maka aplikasi akan kembali lagi dan kembali lagi. Percaya deh, kalau HP android kamu terkena xhelper, maka melaukan uninstal pada aplikasi ini hanya sia-sia saja.

Bagaimana kalau melanekan reset atau recovery atau mengembalikan pengaturan HP android ke pengaturan pabrik?

Oke, dengan cara ini memang sedikit efektif untuk mengatasi masalah ini. Kok, sedikit? Sebab, berdasarkan pengalaman ane, setelah di reset memang semua aplikasi ilegal ini hilang dan HP android bisa berjalan normal. Tapi, dalam beberapa hari aplikasi xhelper akan muncul lagi dan semua gangguan-gangguan akan terjadi lagi.

Cara terbaik mengatasi xhelper

Setelah melanekan berbagai macam upaya untuk keluar dari masalah ini, ane sampai pada sebuah kesimpulan bahwa aplikasi ini memang tidak bisa uninstal secara permanen, setelah dihapus pasti kembai lagi. Mungkin, untuk bisa menghapus secara permanen kita harus menembus keamanan sistem android terlebih dahulu dengan melanekan rooting. Tapi, hal ini jelas membutuhkan skil, salah-salah malah menjadi lebih parah.

Maka, langkah terbaik dan bisa dilanekan oleh semua pengguna android tanpa harus membutuhkan skil tingkat dewa adalah dengan membatasi ruang gerak aplikasi ini. Caranya adalah silakan masuk ke menu pangaturan dan klik pada aplikasi xhelper.

Pada bagian izin, silakan non aktifkan semua izin. Jangan supayakan aplikasi ini untuk mengakses semua yg ada di HP android kamu. Pada bagian notifikasi, pilih blokir. Kalau sudah, jangan lupa PAKSA BERHENTI aplikasi ini.

Nah, demikian penjelasan berhubungan aplikasi xhelper, efek dan cara mengatainya agar tidak menjadikan HP android rusak parah. Bagi kamu yg saat ini HP androidnya berperilane seperti cerita ane, maka kamu perlu untuk mencurigai bahwa HP android kamu sudah disusup xhelper.


Xhelper : Aplikasi Apa ini? Bagaimana Efeknya dan Bagaimana Cara Mengatasinya | Bocah Viral | 4.5